Mainan balok untuk stimulasi motorik⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀

1. Pilih yg ukurannya sekitar 2-3 cm, sesuai dengan ukuran genggaman tangan bayi ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
2. Untuk stimulasi motorik halusnya dengan belajar memegang balok.⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
3. Berikan satu balok untuk dia genggam⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
4. Berikan 2 balok di kedua tangan dan dia akan belajar menepukkan baloknya⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
4. Berikan satu balok ke tangan kanan kemudian balok kedua ke tangan kanan juga tujuannya agar dia berpikir untuk memindahkan balok ke tangan kirinya yang kosong baru mengambil balok di tangan kita⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
5. Belajar menumpuk balok ke atas⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
6. Belajar berkreasi dengan balok membentuk kereta2an

Continue Reading

You may also like

Sendok Bayi

Memilih sendok untuk makan baby
1. Prespoon. Bolong tengahnya untuk menakar kekentalan bubur. Berfungsi tambahan untuk teether juga. Kekurangannya harganya cukup mahal. 
2. Sendok langsing dengan gagang panjang dan ukuran lebar sendoknya yang disesuaikan dengan ukuran mulut bayi saat buka mulut. Paling kepakai yang tipe ini.
3. Sendok bengkok untuk makan sendiri pada bayi usia di atas 9 bulan. Seringkali kurang efektif karena saat baby lead weaning, dia lebih suka menggenggam makanannya langsung daripada pakai sendok.
4. Sendok dengan garpu untuk anak usia di atas 1 tahun. Ujungnya ga terlalu runcing jadi aman buat mulut si kecil.
.
Urusan persendokan ini walau tampak sederhana tapi krusial buat baby. Usia mereka kepekaan sensorimotoriknya dominan. Jadi berasa kalau sendok ketebelan/terlalu tipis, kurang lembut/terlalu lemes dalam kesuksesan meyuapi. Pilihannya personal banget tiap baby punya kesukaannya masing masing. Merk bebas
.
Tingkat kekentalan bubur MPASI:
Kira kira kayak bubur ayam mang oyo yang di Bandung, jadi kalau disendokin trus dibalik sendoknya ga langsung tumpah buburnya. Lumayan ngirit kan daripada harus beli prespoon harganya sekitar 150 ribuan (impor soalnya harga bule)
.
Tekhnik menyuapi:
Sentuhkan ujung sendok ke bibir bawahnya baby. Tunggu sampai dia membuka mulutnya baru suapi. Jangan dipaksa. Kalau dia udah malingin muka, nangis2 histeris jangan diteruskan.
.
Bahan sendok:
Oh ya sendok cari yang bahannya kuat, non BPA, non PVC, non phthalates, non latex, non timbal dan aman kalau dilempar anak dan dipanaskan.
.
Sekarang juga ada sendok yang berubah warna kalau terlalu panas. Tapi ga ngaruh juga sih. Kan setiap bikin MPASI kita tetap tes dulu, kepanasan atau ga.
.
Semoga sukses MPASInya moms, sehat selalu baby nya yah… ❤👨‍👩‍👧‍👧🎐
.
📷 numnum, sassy, monfu, lullababy

Continue Reading

You may also like

Kapan ke dokter

Selamat pagi semuanya. Di masa seperti sekarang memang sebaiknya kita #dirumahajauntuk memutus rantai penularan #korona19
Kalau ga perlu2 amat hindari tempat keramaian seperti mall, bioskop, gedung pertemuan dsbnya. Nah kalau si kecil sakit bagaimana ? Kapan harus dibawa ke RS ?


Beberapa kondisi sepeeti ini sebaiknya anak diperiksakan:
1. Demam tinggi terus menerus
2. Napasnya terganggu: cepat, berat, berisik, engap banget sampai tulang2 dadanya ketarik tarik.
3. Timbul rasa nyeri yang terus menerus misalnya sakit telinga, sakit tenggorokan, sakit kepala hebat, sakit perut banget.
4. Sakit mata sampai keluar cairan hijau dan ga bisa buka mata sampai siang
5. Diare terus menerus sampai pipisnya berkurang dan berisiko dehidrasi dan anak tampak lemas
6. Muntah atau diare terus2an sampai keluar darah
7. Leher kaku, tampak mengantuk atau sulit dibangunkan
8. Kondisi sakit apapun yg ga ada perbaikan sudah 4 sampai 5 hari
9. Terpapar dengan orang yg sakit dengan risiko penularannya tinggi seperti cacar air, mononucleosis, influensa, campak, covid 19, dll.

Continue Reading

You may also like

Memilih Baju Bayi

Memilih Baju Bayi
1. Pilih sesuai BERAT badannya bukan usia. Beda merk suka beda ukuran
2. Pilih yang bahannya halus lembut biasanya 100% katun karena nyaman, tahan lama dan gampang dicuci. Kalau bisa yg ga ada jahitan label (label tag) di belakang (kadang suka bikin gatel ke kulit bayi)
3. Pilih yang gampang dipasang dan lepas. Misalnya yang bukaan depan dan bagian lehernya lebar. Kancing mending yg jepret daripada bundar. Kalau pilih terusan/onesie baiknya yg bagian bawah bisa dibuka jadi kalau ganti popok gampang.
4. Lihat labelnya bisa masuk mesin cuci. Baju bayi cepat sekali kotor. Kalau hanya bisa cuci tangan duh beneran nambah kerjaan lagi
5. Hati2 sama hiasan manik2, kancing bundar, tali2 yg mudah lepas atau membelit terutama yg di sekitar leher. Risiko lepas, ketelan bayi. Tali temali risiko melilit.
6. Ga usah beli yg mahal yg penting kualitas. Belinya dikit2 dulu. Bayi itu cepet banget gedenya. Sayang kalau ga terpakai
7. Cuci dulu baju sebelum dipakai
8. Sarung tangan & gurita sekarang sudah ga dipakai lagi. Gurita mengganggu bayi yg bernapas lewat mulut. Bayi butuh tangannya untuk fase oral (masukkan tangan ke mulut itu bagian stimulasi perkembangan dia). Kikir kuku bayi kalau mulai panjang. Kaos kaki itu pilihan, sebenernya ga perlu.
9. Karena bayi bobo ga pakai selimut, pilih baju tidur yg hangat sekalian untuk melindungi dingin. Namanya sleepsack
10. Topi bayi sama celemek bayi (bibs) boleh dibeli
11. Celana pendek buat ke dokter pas hari imunisasi
12. Kenyamanan bayi lebih penting daripada terlihat cute 🙂

Aku ada yg kelewat ga ? Boleh sharing di komen 🙏💛

Ref: Renee Alli 2017

Continue Reading

You may also like