Sensori Integrasi

Sensori Integrasi

Proses di mana kita menerima informasi melalui indera kita, mengatur informasi ini, dan menggunakannya untuk berpartisipasi dalam aktivitas sehari-hari.
Contoh: Bayi mencium bau makanan, Mencicipi makanan, Merasa tekstur makanan, Menentukan apa makanan ini

7 Organ Penginderaan

  1. Penglihatan
  2. Pendengaran
  3. Penciuman
  4. Perasa
  5. Sentuh
  6. Vestubular: gerakan dan indra keseimbangan, yang memberi kita informasi tentang di mana kepala dan tubuh kita. Membantu kita tetap tegak saat kita duduk, berdiri, dan berjalan.
  7. Proprioseptif: Kesadaran akan postur, gerakan, keseimbangan, dan lokasi seseorang berdasarkan sensasi

Kisah tentang Sensori Integrasi

Bayangkan Anda sedang bermain bisbol dan Anda siap untuk memukul. Anda menggunakan indra vestibular Anda untuk mengambil posisi memukul, dan Proprioception untuk merasakan di mana
tangan Anda berada, di mana kaki Anda, dan bagaimana Anda harus mengayun untuk melakukan kontak dengan bola.
Anda kemudian melihat bola datang lebih dekat dengan Anda dan Anda mengayun. Anda mendengar bola pecah melawan pemukul dan Anda tahu bahwa Anda telah memukulnya, jadi Anda mulai berlari! Anda terus mendengarkan dan
melihat saat Anda melihat pemain lain berebut untuk mendapatkan bola dan Anda bisa melihat Anda semakin dekat ke base pertama, tapi begitu juga dengan bola, jadi Anda memutuskan untuk meluncur.
Saat Anda meluncur, Anda menyeimbangkan tubuh Anda; Anda merentangkan tangan karena Anda menyadari posisinya dan rasakan kapan alasnya menyentuh ujung jari Anda.
Mungkin sedikit tidak enak untuk merasakan dan mencium bau kotoran saat Anda meluncur, tetapi panca indra Anda mengonfirmasi bahwa Anda telah berhasil!

Artikel lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *