Microwave

Jaman dulu waktu masih muda saya suka sekali masak. Eyang saya mengajarkan sebagai perempuan itu harus bisa di dapur mau seberapapun tinggi pendidikan atau pekerjaannya. Dulu saya punya segala macam alat masak dan bumbu dapur. Tapi sekarang2 ini seiring perkembangan jaman, dan sudah ada ojek online, dapur kayanya sudah lama ga pernah kesentuh lagi ūüėÖ Apalagi kalau lagi banyak promo pembayaran uang elektronik, setelah diitung2 kadang lebih ekonomis beli.

Kalau pagi saya masih siapkan sarapan sederhana atau buat makan malam cantik/ngemil sekali2 masih homemade. Food preparationnya sekaligus, sudah disiapkan masuk kotak2 t*pperware untuk sekali makan. Jadi punya microwave untuk panasin bahan makanan. Kalau di rumah mama saya masih gaada microwave, karena semuanya homemade dan untuk sekali makan. Memanaskan makanan dengan microwave cukup aman buat kita yang orang dewasa. Radiasi gelombang elektromagnetiknya tidak berbahaya (WHO fact sheet 182 dan 183).

Tapi buat moms yang masih punya bayi atau anak kecil, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:
1. Menggunakan microwave untuk memanaskan MPASI boleh dilakukan dalam interval waktu yang pendek (15 detik dalam setting high). Diamkan selama 30 detik setelah dikeluarkan dari microwave, kemudian aduk dan cek dulu suhu makanannya baru diberikan. .
2. ASIP atau sufor tidak boleh dipanaskan dengan microwave karena panas tidak merata dan berisiko menyebabkan luka bakar.

sumber: foodsafety.gov

Artikel lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *